Kung Fu Pengubah Otot

Kung Fu Pengubah Otot
Kung fu ini sangatlah terkenal sampai sekarangpun masih menjadi manual dalam latihan kung fu di Kuil Shaolin Pusat, Kung Fu Sakti Pengubah Otot (Yi Jin Jing) adalah salah satu dari 4 kung fu milik Shaolin yang diciptakan oleh Biksu suci Da Mo (Tat Mo) dari India yang menyeberang ke China dalam rangka penyebaran agama Budha di China. Beliau melihat para biksu yang berada di kuil Budha di China sangatlah lemah fisiknya, karena pada dasarnya mereka tidak boleh memakan makanan bernyawa (vegetarian) jadi beliau berusaha melatih tenaga dalam para biksu.
Menurut sejarah, jauh sebelum Bodidharma datang ke daratan China, para biksu Budha sudah berlatih beladiri untuk berjaga dari serangan binatang buas, mengingat lokasi kuil biasanya terletak di tengah hutan atau di atas perbukitan.
Menurut legenda, kuil Shaolin pertama kali didirikan oleh Da Mo/ Bodidharma/ Tat Mo (tahun 520 M), sewaktu mendirikan kuil tersebut ternyata kebetulan para biksu yang berguru ajaran Budha disitu kurang mempunyai dasar beladiri, maka ketika awal-awal dari beladiri Shaolin adalah serangkaian latihan untuk melatih otot dan sendi yang meniru dari dasar gerakan hewan liar (8 Bentuk Jembatan Besi), lalu setelah mempunyai dasar gerakan atau yang kemudian kita kenal jurus, Biksu Da Mo mulai melatih mereka nafas dalam yang sangat keras yaitu Perisai Lonceng Emas, karena kekuatan manusia tiada batasnya selaras dengan alam, maka diciptakanlah kung fu Pengubah Otot yang terdiri dari 7 tahapan, sesuai dengan aura tubuh manusia.
Kitab Pengubah Otot adalah kung fu maut ketiga yang diciptakan pendiri Shaolin biksu Da Mo. Setelah menciptakan 12 tahap Perisai Lonceng Emas, Da Mo yakin tak ada yang bisa mencapai tingkatan tertinggi, karena sebetulnya manusia memilikki tenaga yang selaras dengan kekuatan alam. Oleh karena itu beliau menciptakan kung fu yang mampu menunjukan batasan tertinggi bagi manusia. Keistimewaan kitab Pengubah Otot menggunakan seluruh urat nadi tubuh untuk menyatukan daya tarik magnet, mengambil kekuatan dari luar untuk menjadi tenaga dalam, jurus ini pada puncaknya akan menjadikan kekuatan langit, bumi dan manusia menjadi satu. Dalam pelatihannya, Kitab Pengubah Otot terbagi menjadi 7 tahap, oleh karena itu juga terkenal dengan 7 Tingkat Pagoda. Pada tahap ke-7 seseorang akan mampu melatih penalaran sejati kesadaran Budha yang akan mengajarkan bahwa segala sesuatunya mempunyai batas, bagi yang hampir mati akan mampu sembuh oleh Kitab Pengubah Otot tahap Hitam, dan yang terlalu angkuh akan di kalahkan oleh Kitab Pengubah Otot Tahap Hitam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s