The Book and the Sword

The Book and the Sword

Yang sangat menarik dalam cerita filim ini adalah Cinta segi empat antara dua kakak beradik : Chen Jialuo Ketua perkumpulan  Red Flower kebelakangan diketahui bersudara kandung dengan Raja Qianlong , terlilit cinta yang sangat dramatis dengan dua bersaudari anak kepala suku Uyghur yaitu Huo Qingtong sebagai panglima perang suku Uy dan adik perempuannya Kesili ,  Princess Fragrance (puteri Harum)

Title: 書劍恩仇錄 / 书剑恩仇录 / Shu Jian En Chou Lu
Also known as: The Book and the Sword / The Romance of the Book and Sword
Genre: Wuxia, action, romance
Episodes: 46
Broadcast network: CTV
Broadcast year: 2002

Cast :
Zhao Wen Zhuo as Chen Jia Luo
Esther Kwan as Huo Qing Tong
Ray Lui as Wen Tai Lai
Vicky Chen as Luo Bing
Tse Kwan Ho as Yu Yu Tong
Sun Li as Li Yuan Zhi
Rachel Ngan as Princess Fragrance
Guo Liang as Zhang Zhao Zhong
Chen Zhao Rong as Emperor Qian Long
Cheng Pei Pei as Empress Dowager
Joey Leung as Xu Tian Hong
Wu Yue
Bryan Leung
Zhang Tie Lin (guest star, ep1)

Resensi :

Latar belakang historis kisah ini adalah masa kekuasaan Qian Long Emperor pada dinasti Qing. Red Flower Society adalah sebuah organisasi rahasia yang anti-Manchu dengan tujuan untuk menjatuhkan pemerintahan Qing dan mengembalikan pemerintahan Han di Cina. Organisasi ini dikepalai oleh lima belas orang dengan Helmsman Chen Jia Luo sebagai pemimpin utama. Wen Tai Lai, pemimpin keempat di organisasi, ditangkap oleh prajurit Qing oleh perintah dari Qianlong Emperor. Terungkap kemudian bahwa Wen memegang kunci untuk sebuah rahasia dibalik keetnikan Qianlong Emperor yang sebenarnya dan penangkapannya bertujuan untuk membungkam dirinya.
Perkembangan cerita selanjutnya berdasarkan gerakan para anggota Red Flower Society yang ingin menyelamatkan Wen Tai Lai namun gagal beberapa kali. Para pendekar tersebut memasukkan beberapa anggota dari suku Hui Uyghur yang mengikuti sebuah iring-iringan pengawalan yang telah mencuri barang pusaka mereka, sebuah Qu’ran, dan Chen Jialuo mengatur untuk membantu mereka dalam menaklukan iring-iringan tersebut dan mengembalikan buku suci tersebut. Dia memenangkan rasa hormat dari Huo Qing Tong, putri dari kepala suku dan dia juga jatuh cinta padanya. Para pendekar kemudian mendapatkan haknya kembali setelah melalui suka dan duka bersama-sama. Pasangan-pasangan Xu Tian Hong dan Zhou Qi, Yu Yu Tong dan Li Yuan Zhi bahkan akhirnya menikah.
Chen Jia Luo dan para pendekar mengikuti jejak dari iring-iringan pengawal Wen Tai Lai kembali menuju ibukota dan mencapai Hangzhou. Di Hangzhou, Chen Jialuo bertemu denganQianlong Emperor yang sedang dalam penyamaran secara kebetulan dan mereka menjalin persahabatan. Bagaimanapun, kemudian mereka menyadari identitas masing-masing dan menjadi waspada serta curiga satu sama lain. Orang-orang Qianlong dikalahkan oleh pendekar dari organisasi dalam tanding kung fu dan Qianlong merasa terhina. Dia ingin memerintahkan anakbuahnya untuk memberantas organisasi tersebut namun pengaruh organisasi di Hangzhou terlalu kuat dan kekuatan Qianlong terbatas.
Ketika Chen Jialuo akhirnya merencanakan untuk menyelamatkan Wen Tai Lai, dia terkejut mendengar bahwa Qianlong Emperor bahkan bukan seorang Manchu, namun seorang Cina Han. Lebih lagi, Wen menyebutkan bahwa Qianlong Emperor sebenarnya adalah kakak Chen Jia Luo. Chen Jia Luo dan para pendekar menyandera Qianlong Emperor dan membujuknya untuk menggunakan identitas kesukuannya untuk mendorong para Mancuria keluar dari daratan dan dia tetap menjadi raja. Emperor setuju dan kedua sisi mengadakan gencatan senjata, namun ternyata Emperor mengingkari kata-katanya.
Pada saat yang bersamaan, pasukan Qing mulai mengadakan invasi modern-day Xinjiang dimana para Uyghur tinggal. Para Uyghur berada dalam perang sehingga Chen Jia Luo memutuskan untuk melakukan perjalanan untuk menolong para temannya. Dia kemudian bertemu lagi dengan Huo Qingtong, juga bertemu dengan adik perempuannya Kesili, yang juga dikenal dengan Princess Fragrance. Chen merasa tertarik dengan kecantikan Princess Fragrance dan jatuh cinta padanya. Perlahan-lahan terjadi hubungan cinta yang rumit karena Huo Qingtong juga jatuh cinta pada Chen. Akhirnya, suku Uyghur dibasmi oleh pasukan Qing dan Princess Fragrance pun menjadi tawanan dan dibawa ke ibukota.
Qianlong Emperor tertarik dengan kecantikan Princess Fragrance dan berusaha memaksanya untuk menjadi selirnya. Namun Princess Fragrance menolaknya. Chen Jialuo masuk ke dalam istana dan bertemu dengan Qian Long lagi, mengingatkannya akan apa yang telah dijanjikan Qian Long sebelumnya. Chen juga berjanji untuk membujuk Fragrance agar mau menjadi selir Qian Long. Kemudian, Fragrance menemukan bahwa Qian Long tiak menepati kata-katanya dan dia akhirnya bunuh diri untuk memperingatkan Chen. Red Flower Society marah pada Qian Long karena dia ingkar janji dan membuat keribukan di istana yang berakhir menjadi perang penuh darah. Qian Long dipaksa untuk mengadakan gencatan senjata dengan Society sekali lagi dan akhirnya para pendekar membiarkannya karena Qian Long berjanji untuk tidak pernah menganiaya organisasi lagi. Setelah mengucapkan penghormatan terakhir pada Princess Fragrance, Chen dan para pendekar kembali ke wilayah barat.

baca Yin Yong – Penyadur Lainnya pada Puteri Harum dan Kaisar – Su Kiam in Siu Lok -Wen Hua

This entry was posted in Cerita Silat, Film Silat Mandarin, Yin Yong and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s