Setan Harpa

Setan Harpa
Karya : Khu Lung
Saduran : Tjan ID

SALJU, membuat seluruh permukaan bumi berubah menjadi dunia yang berwarna putih keperak-perakan, membuat yang jauh dari keramaian manusia ini semakin terpisah dari keramaian, Tiada manusia berlalu lalang disana, tiada binatang buas hilir mudik mencari mangsa, tiada pula burung-burung  yang terbang mencari makan.
Keheningan dan kesepian yang mencekam sekeliling  bukit membuat tempat tersebut lebih mirip dengan sebuah neraka.
Sebuah rumah gubuk diatas tebing Kui-ong-gay dilapisi pula oleh salju yang tebal….. Irama harpa itu memperdengarkan permainan musik yang penuh kepedihan kesedihan dan kesengsaraan. Seolah-olah seorang yang patah hati sedang mengkumandangkan jeritan hatinya, seperti juga ada orang ingin melampiaskan seluruh kemurungan dan kedukaannya lewat permainan harpa tersebut.
Sinar rembulan yang kelabu menyinari rumah gubuk itu dan menembusi jendela, seorang pemuda tampan yang berwajah sedih sedang duduk ditepi jendela sambil memandang salju diluar sana, tangannya menari-nari diantara senar harpa dan memainkan lagu yang perih…. Bunga salju melayang-layang di udara, seakan-akan tetesan air mata karena kesedihan yang meluap.
Siapakah dia? Mengapa berdiam di tebing Kui ong gay yang tiada tanda kehidupan ini?
Akhirnya irama harpa itu berhenti, menyusul berhentinya permainan musik itu, suasana disekeliling sana kembali tercekam dalam keheningan yang mencekam.
Ia menghela napas berat, dengan pandangan mata yang termangu-mangu ditatapnya lapisan salju putih di depan rumah.
“Lima belas tahun sudah lewat…. oh. betapa panjangnya hari-hari penuh kesepian ini.” ia berguman. Yaa, lima belas tahun memang suatu jangka waktu yang panjang, apalagi hidup dalam kesepian dan keheningan, ia harus melewatkan jangka waktu lima belas tahun dalam suasana penuh kedukan kecuali menghela napas dan berkeluh kesah, sepanjang hidupnya belum pernah secercah senyuman pernah menghiasi bibirnya…………

Khulung Disadur Oleh Tjan IDNON Serial==>>Setan Harpa

This entry was posted in Cerita Silat, Khu lung, Silat Mandarin, Tjan ID and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s