Pendekar Gelandangan (Pedang Tuan Muda Ketiga)

Pendekar Gelandangan
Sekarang judulnya :
Pedang Tuan Muda Ketiga
San Shao Ye Di Jian – The Sword of the Third Little Master
Karya: Khu Lung
Disadur Oleh: Tjan ID
Dia adalah seorang jago pedang yang tiada duanya di dunia ini, seorang manusia berbakat dari dunia persilatan. Bukan saja ia cerdik, gagah dan perkasa, iapun seorang pendekar sejati yang berjiwa jujur dan penuh kebijaksanaan. Dalam sejarah kehidupannya, walaupun siapapun juga orang itu, jangan harap bisa menemukan setitik kelemahan dari tubuhnya.
Orang itu bukan lain adalah Sam-sauya (Tuan muda ketiga) dari perkampungan Sin-kiam-sanceng.
Orang ini tak lain adalah Cia Siau-hong.
Suasana dalam hutan sangat hening, ditengah kelembaban udara disekitar tempat itu, terendus bau daun yang mulai membusuk. Tapi Yan Cap-sa seolah-olah tidak merasakan bau itu, bahkan napasnya nyaris terhenti ketika mendengar nama orang itu. Lewat lama, lama sekali, ia baru menghembuskan napas panjang.
“Aku mengetahui orang ini,” demikian bisiknya.
“Ya, sudah tentu kau harus tahu, sebab kalian masih mempunyai sebuah janji yang tak akan buyar sebelum mati”

Sam Sauya (Tuan Muda ketiga) dari keluarga Cia, Cia Siauhong adalah jago pedang nomor satu di kolong langit. Tigabelas Jurus Pedang Perenggut Nyawa milik Yan Capsa terdiri dari 13 jurus, tapi 13 jurus itu masih belum cukup untuk mengalahkan Tuan Muda Ketiga dari keluarga Cia.Selama keduanya masih hidup, cepat atau lambat Cia Siauhong dan Yan Capsa pasti bertemu untuk menentukan, siapa jago pedang nomor satu. Seseorang di kala berada di saat menjelang kematiannya, apa yang biasanya dipikirkan? Apa yang kau pikirkan ketika itu? Jurus pedang itu, jurus pedang yang keempatbelas!
Seseorang apabila telah mengorbankan segenap kehidupannya untuk pedang, bagaimana mungkin di saat-saat menjelang kematiannya dapat memikirkan persoalan yang lain? Tigabelas Jurus Pedang Perenggut Nyawa itu sendiri tidak terlalu menakutkan, yang menakutkan justru yang keempatbelas, dari mana datangnya jurus yang keempatbelas? Yang pasti jurus keempatbelas itu ada ! Maksudmu kecuali Tigabelas Jurus Ilmu Pedang Perenggut Nyawa-nya, masih terdapat pula jurus yang keempatbelas? Cia ciangkwe menghela nafas lebih berat lagi, katanya, “Ciongci menciptakan tulisan, setan dan malaikat menangis tersedu-sedu, kau menciptakan jurus pedang itu, setan dan malaikat pun seharusnya melelehkan pula air matanya!
Jurus pedang itu telah membocorkan rahasia langit dan kehilangan perintah langit. Perintah Langit hanyalah kebajikan. Setelah terciptanya jurus pedang itu, semenjak detik itu, entah masih ada berapa banyak orang lagi yang bakal tewas di ujung pedang tersebut…? Benarkah Tuan Muda Ketiga dari keluarga Cia kalah oleh jurus ke-14 Yan Capsa? Atau…malah jurus ke-15.

Khulung Disadur Oleh Tjan ID NON Serial==>>Pendekar Gelandangan

This entry was posted in Cerita Silat, Khu lung, Silat Mandarin, Tjan ID and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s