Sam Kok (romance of the three kingdom)

Sam Kok
(romance of the three kingdom)
Karya : Luo Guan Zhong

Dunia dibawah langit setelah suatu masa yang terpecah-pecah akan kembali bersatu dan setelah masa persatuan akan kembali terpisah. ini adalah hukum alam yang tidak dapat dihindari.
ketika pemerintahan dinasti Zhou melemah, maka munculah 7 negara yang saling bersaing untuk memperebutkan seluruh wilayah cina. perebutan akhirnya dimenangkan oleh kerajaan Qin, tetapi setalah takdir Qin dipenuhi muncul 2 kerajaan yaitu Han dan Chu yang memperbutkan kekuasaan dan akhirnya Han yang menang.
Kebangkitan han dimulai ketika liu bang memimpin pasukan untuk menyatukan seluruh cina dibawah panji-panjinya.
warisan kekuasaan ini diturunkan turun-temurun dibawah dinasti han untuk 200 thn lamanya sampai pemberontakan yang dilakukan wang mang menimbulkan kekacauan. liu xue sebagai keturunan ke 2 1 kaisar han gao zu (liu bang) akhirnya berhasil mengambil alih kembali kekuasaan dan akhirnya dinasti han kembali berkuasa selama 2 00 thn sampai masa kekuasaan kaisar xian yang pada masa pemerintahannya akhirnya dinasti han terpecah menjadi suatu masa yang dikenal sejarah sebagai masa 3 kerajaan.
Tetapi kehancuran dinasti han dimulai dari masa kaisar huang   dan kaisar ling yang duduk di tahta naga pada sekitar abad ke 2 . kaisar huan tidak mempedulikan orang   yang mampu dan lebih mempercayai kasim-kasim istana. pada saat wafatnya kaisar huang menyerahkan kekuasaan pada kaisar ling dengan menunjuk walinya dou wu dan chen fan. dou wu dan chen fan adalah pejabat jujur yang berusaha untuk menghancurkan kekuasaan para kasim-kasim istana yang telah merusak negara. tetapi kepala kasim cao jie (note: perhatikan cao-nya) tidak mudah untuk disingkirkan. akhirnya dou wu dan chen fan dihukum mati dengan tuduhan memberontak pada kaisar. hal ini membuat para kasim lebih ditakuti dan makin berkuasa.

Sam Kok

This entry was posted in Cerita Silat, LUO GUAN ZHONG, Silat Mandarin and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s