Pedang Gadis Yueh

Pedang Gadis Yueh

Pedang Gadis Yueh (Giok Lie Kiam/Wat Lie Kiam Yueh Nu Jian)
Karya:
Jin Yong (Louis Cha) Diceritakan oleh: Vanda

 

Cerita ini berdasar peristiwa sejarah nyata yang terjadi di sepanjang abad ke 5 Sebelum Masehi. Suatu periode yang dikenal sebagai periode di antara Periode Musim Semi dan Musim Gugur, dengan Periode Peperangan antar Kerajaan-Kerajaan1. Negeri Cina belum disatukan oleh Chin Shi Huangdi2. Yang disebut suku Han3 juga belum ada. Negeri Cina masih terbagi-bagi menjadi kerajaan kecil dan besar, daerah atau propinsi dengan para penguasanya yang satu dengan lainnya selalu berperang terus menerus.
Cerita ini dimulai ketika raja Chuh4 berselingkuh dengan tunangan putranya. Suatu perbuatan jelek, di jaman apapun juga. Sekarang raja Chuh takut kalau putranya akan berbalik melawan dia. Ketakutannya diwujudkan dalam tindakan berupa tuduhan palsu, melalui salah satu menterinya yang paling ambisius untuk menghancurkan komplotan pangeran mahkota. Hasilnya pembersihan yang membinasakan banyak keluargakeluarga
besar dan rumah tangga. Salah satu keluarga, yang memiliki banyak harta kekayaan, adalah keluarga Wu. Putra Wu termuda, Wu Tzu-Shi, berhasil lolos dan bersumpah akan membalas dendam.
Setelah perjalanan yang panjang dan berbahaya melalui beberapa kerajaan yang menolak untuk membantu, ia tiba di kerajaan Wu yang baru saja berdiri. (Huruf Cina untuk Wu pada Wu Tzu- Shi berbeda dari huruf Wu pada kerajaan Wu). Ia membantu Pangeran Ho Lu untuk membunuh kemenakannya yang menjadi raja dalam suatu perebutan tahta. Kemudian ia membangun kerajaan Wu dari suatu kerajaan yang baru saja berdiri menjadi kerajaan modern dengan angkatan perang yang paling terlatih baik di dunia yang dikenal saat itu. Sun Tzu5, penulis buku ‘Seni Perang’ yang terkenal, hidup dan mengabdi di kerajaan Wu pada saat itu.
Saat Wu Tzu-Shi sudah siap, ia mengatur rencana untuk meyakinkan Raja Ho Lu agar menyerbu kerajaan Chuh. Saat itu kerajaan Chuh adalah satu negara adikuasa sedangkan Wu hanya kerajaan kecil, tetapi kerajaan kecil sudah berani merencanakan menyerang kerajaan Chuh yang besar.
Sayangnya, balas dendam Wu Tzu-Shi mengalami kegagalan. Obyek tujuan balas dendamnya telah meninggal beberapa tahun yang lalu. Dengan murkanya Wu Tzu-Shi menggali mayat sang raja dan mencincangnya sampai hancur berkeping-keping.
Kerajaan Wu terbukti tidak mampu menahan serbuan kerajaan Chuh yang jauh lebih besar, maka Wu Tzu-Shi harus terlebih dulu menarik angkatan perangnya kembali ke negeri Wu.
Kemudian, Ho Lu memulai serangkaian peperangan lagi untuk kembali mengukuhkan
kekuasaannya atas sisa-sisa Negeri Cina lainnya. Pada salah satu dari sekian banyak peperangan, ia berhadapan dengan kerajaan Yueh

 Pedang Gadis Yueh (Giok Lie Kiam/Wat Lie Kiam Yueh Nu Jian)

 

This entry was posted in Cerita Silat, Silat Mandarin, Yin Yong. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s