Lembah Nirmala

Lembah Nirmala

Karya : Khulung, Disadur oleh : Tjan ID

Disekitar daerah Ho-lam terdapat sebuah lembah yang berpemandangan alam sangat indah dan sepanjang tahun empat musim selalu hangat bagaikan di musim semi, lembah itu  terletak di suatu daerah terpencil dikelilingi bukit karang yang menjulang tinggi ke angkasa, “Menurut cerita penduduk setempat, lembah itu bernama lembah Nirmala. setiap hujan  badai sedang melanda dan guntur serta kilat sedang menyambar dari balik lembah tersebut  selalu akan bergema suara nyanyian merdu dari seorang perempuan. Suara nyanyian ini selalu  menyebar sampai di punggung bukit dan menggema tiada hentinya.
“Bagi rakyat jelata disekitar lembah yang berpengetahuan rendah, mereka selalu  menganggap  suara nyanyian itu berasal dari bidadari yang baru turun dari kahyangan, itulah sebabnya  lembah itu mereka namakan sebagai lembah Nirmala yang mengandung arti lembah yang suci dan  tak ternoda.
“Maka peristiwa inipun memancing rasa ingin tahu bagi para pemuda di desa sekitar  tempat itu berbondong-bondong mereka siapkan rangsum serta melakukan penyelidikan.
“Siapa tahu, kawanan pemuda yang berangkat ke lembah Nirmala karena terdorong rasa  ingin tahu ini ibarat bakpao menimpuk anjing, setelah pergi tak seorangpun yang balik kembali.
Lama kelamaan para penduduk setempat segera beranggapan sang bidadari telah gusar  dan sengaja menghukum orang-orang itu, mereka menjadi was-was serta tak berani  menyerempet bahaya lagi untuk melakukan penyelidikan

 Khulung Disadur Oleh Tjan ID non Serial : – Lembah Nirmala

This entry was posted in Cerita Silat, Khu lung, Silat Mandarin, Tjan ID and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s