Hui Hong Tjiam Liong (Musuh Dalam Selimut)

Hui Hong Tjiam Liong (Musuh Dalam Selimut)

 

Karya : Liang Ie Shen saduran : Gan KL

Dua baris pasukan pengawal bersenjata lengkap berdiri tegak di depan istana berbatu pualam putih. Mata setiap orang terbelalak memusatkan perhatian atas diri seorang Busu (jago, kesatria) muda.
Kesatria muda itu seakan-akan tidak mau tahu terhadap segala apa yang terjadi disekitarnya. Pandangan semua orang terpusat atas dirinya, maka iapun sedang mencurahkan segenap perhatiannya kepada seorang lain.

Orang itu adalah seorang sakit yang terbaring di balai-balai. Dari pakaiannya yang mentereng jelas dia adalah seorang perwira kerajaan Kim. Perawakannya tampak kekar tegap, tapi mukanya pucat, napasnya senin-kemis seakan-akan setiap detik dapat menghembuskan napasnya yang pengabisan.Dua orang perajurit pengawal yang berdiri paling belakang sedang berbicara dengan bisik-bisik. Kata seorang di antaranya: „Sungguh jarang Ong-ya kita berlaku secermat dan sedemikian seriusnya, apakah kau tahu siapakah pemuda ini?” „Konon dia bernama Loh Si-hiong,” jawab perajurit pengawal yang lain.” Katanya dia adalah putera seorang bawahan Ce-jin-ong Tan-goanswe (pangeran Tan berpangkat jenderal) dan sangat disayang oleh Tan-goanswe.”
“O, pantas Ong-ya kita juga sedemikian menghargai dia.” „Tidak, ….. tidak demikian halnya. Tan-goanswe dan Ongya kita adalah orang-orang yang tegas tanpa pandang bulu.
Jika pemuda ini tidak memiliki kepandaian sejati pasti takkan terpakai oleh Ong-ya kita. Lihat saja, bukankah sekarang juga dia akan diuji di depan umum untuk membuktikan ketegasan Ong-ya yang tidak pilih kasih.” „Apa yang akan diuji? Mengapa Ci-camciang yang sudah jatuh sakit bertahun-tahun tak tersembuhkan itu sekarang pun digotong kesini?”
„Akupun tidak tahu tentang ini. Ah, toh sebentar juga kita akan mengetahuinya, kita tunggu saja. Nah itu! Ssst, Ong-ya sudah datang!” ………..

LIANG YU SHENG -Gan KL

  • Pahlawan Gurun –
  • HUI HONG TJIAM LIONG (Musuh Dalam Selimut)
This entry was posted in Cerita Silat, Gan KL, Liang Ie Shen, Silat Mandarin and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s