Golok Sakti (Thian Kiam Coat To)

Golok Sakti – Thian Kiam Coat To
Karya Yin Yong

Satu persatu dibuka totokannya oleh Ho Tiong Jong dengan tendangan dan gamparan pada muka masing-masing kecuali ketika gilirannya Seng Eng dan Kim Toa Lip. orang muda itumasih ingat dan pandang mukanya Seng Giok Cin dan Kim Hong Jie, maka ia tidak mau keterlaluan ia gunakan Tan ci Sin-kang, menyentil dari kejauhan membuka totokanpada dua orang tua ini.
Mereka semuanya tanpa mengucapkan apa apa sudah pada angkat kaki dari tempat itu dengan penuh rasa penasaran dan malu.
Kejadian ini telah menggemparkan dunia persilatan ketika jago jago dalam kalangan Kang-ouw mengetahuinya, hingga namanya Ho Tiong Jong telah meningkat tinggi sekali. “Ho Sicu, hebat sekali kepandaian Ho Si-cu, Loceng belum pernah menyaksikan kepandaian yang demikian lihay, dengan tangan kosong dapat memecahkan barisan “Kim-liong-pat hong thian be-tin-..” memuji Beng Tie Taysu. “Ah, ini berkat anjuran semangat dari Taysu saja…” jawab Ho Tiong Jong merendah, hingga Beng Tie Taysu diam-diam memuji pada pemuda yang bisa membawa diri itu.
“Nah, Ho Sicu, sampai disini saja kita berpisah, Kalau sicu dibelakang hari ada keperluan dengan tenaga kami orang dari Siauw-lim-si, boleh suruhan orang saja untuk membawa ini
gelang batu kumala kepadaku…” sambil menyerahkan kembaligelang batu kumala hijau kepada Ho Tiong Jong. Ho Tiong Jong menyambuti sambil mengucapkan terima kasih.
Beng Tie Taysu ajak kawan kawannya berlalu dari tempat itu diawasi oleh Ho Tiong Jong dan Seng Giok Cin sampai lenyap dari pandangannya. Seng Giok Cin yang tengah melayang-layang pikirannya menjadi terkejut ketika tiba tiba satu tangan yang kuat menyambar pinggang nya yang langsing dan dipeluk eraterat? Suara bisikan yang tak asing lagi baginya mengusap ngusap dalam telinganya.
” . . . . Adik Giok. mari kita pergi . . . .”
” . . . . Kemana engko Jong ?”
” . . . . Merantau . . . .”
Dua pasang mata berpandangan diiringi senyuman pelukan makin erat… itulah lebih dari seratus satu kata-kata mesra dan yang dapat diucapkan dengan mulut mereka berdua… .

Golok Sakti – Thian Kiam Coat To

This entry was posted in Cerita Silat, Silat Mandarin, Yin Yong and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s