Butong It Kiam

Butong It Kiam -Liang Ie Shen-Tjan ID

Konon dalam suatu pertempuran yang amat sengit, Nurhaci Khan terluka oleh tusukan pedang seorang pemuda tanggung, jago pedang muda itu tidak lain adalah Keng Giok-keng.
Tidak jelas apakah rumor itu benar atau tidak, tapi seringnya jejak kependekaran Keng Giok-keng muncul di luar perbatasan  merupakan sebuah kenyataan yang tidak terbantahkan.
Tentu saja di sampingnya selalu terlihat pula seorang nona, dia adalah Seebun Yan. Begitu hebat dan tersohornya pemuda itu memainkan ilmu pedang aliran Bu-tong-pay, pada akhirnya hampir setiap orang pasti akan mengacungkan jempolnya bila menyinggung tentang kehebatannya. Semua orang memujinya sebagai Bu-tcng-it-kiam Pendekar
pedang dari Bu-tong.
Pada saat bersamaan ketika Keng Giok-keng termashur di wilayah luar perbatasan, di wilayah seputar Soatsay, Kamsiok, Cenghay dan barat laut wilayah Hui muncul pula seorang jago pedang muda yang lebih misterius jejaknya ketimbang Keng Giok-keng, jarang sekali ada orang yang pernah melihat wajah aslinya. Tapi menurut saksi mata, dia adalah Tonghong Liang. Sementara partai Bu-tong sendiri, di bawah pimpinan Bouw It-yu
yang hebat dan luar biasa, makin hari makin bertambah jaya. Mereka bertiga sama-sama melakukan pekerjaan yang berbeda, namun ada satu hal yang sama diantara ketiga orang itu, ilmu silat mereka hampir semuanya mengandung unsur ilmu pedang Bu-tong pay.
Tidak heran kalau dikemudian hari, banyak orang menyebut mereka bertiga sebagai Bu-tong sam-kiam-khek, Tiga jago pedang dari Bu-tong.

Liang Ie Shen – Tjan ID

This entry was posted in Cerita Silat, Liang Ie Shen, Silat Mandarin, Tjan ID and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s