Si Rase Terbang Dari Pegunungan Salju

Si Rase Terbang Dari Pegunungan Salju
Karya Yin Yong, Saduran OKT

Salah satu Novel yang terunik dan terbaik dari Louis Cha, atau yang lebih dikenal sebagai Jinyong (Chin Yung) , salah satu novelis dalam bahasa Mandarin yang paling berpengaruh. Dengan sederhana dan unik, dari hanya satu lokasi cerita utama, mengalirlah berbagai kilas balik kejadian (flash back) yang dramatis. Kita menjadi terbius dan sakaw (baca: ketagihan) oleh berbagai keterkejutan dan ketegangan yang membawa kita pada suatu akhir yang luar biasa. Semuanya begitu apik dan harmonis, menunjukkan kejeniusan Jinyong dalam mengelola konflik dan tempo dalam cerita yang padat ini dan sangat kaya dengan berbagai karakter manusia. Akhirnya secara misterius, tanpa menggurui, cerita ini telah membawa pembaca dalam suatu perjalanan spiritual…  dan akhirnya Anda akan mendapatkan sesuatu sensasi yang berbeda. “Tak Kenal maka Tak Sayang

Cuplikan : Sekarang, pada saat itulah, ia sadari Ia mengetahui, bahwa pemuda yang menjadi lawannya mempunyai hubungan yang sangat rapat dengan Ouw It To. “Pembalasan!” ia mengeluh sembari menghela napas dan meramkan kedua matanya untuk menunggu kebinasaan.
Tapi, selagi mengangkat senjata untuk menamatkan riwayatnya Biauw Jin Hong, di dalam otaknya Ouw Hui mendadak berkelebat mukanya Biauw Yok Lan dan sedetik itu, ia ingat janjinya kepada nona Biauw, bahwa, walaupun bagaimana juga, ia tak akan mencelakakan ayahnya kecintaan itu. Akan tetapi, apabila saat itu ia tidak menurunkan tangan dan membiarkan “Kini Bian Hud” menyelesaikan pukulan “Te Liauw Kiam Pek Ho Su Sit”, adalah ia sendiri yang harus menerima kebinasaan.
Apakah yang ia harus berbuat? Apakah ia harus berlaku begitu tolol dan antarkan jiwa secara begitu rupa? Di lain pihak, jika ia menurunkan tangan, cara bagaimana ia masih mempunyai muka untuk bertemu pula dengan Biauw Yok Lan? Dan jika seumur hidup ia tak dapat bertemu muka pula dengan nona Biauw, daripada hidup menderita, lebih baik mati!
Bagaimana? Bagaimana? Lama, lama sekali, Biauw Yok Lan berdiri di atas salju, menunggu-nunggu pulangnya kedua orang yang dicintai. Saking kesal, perlahan-lahan ia membuka bungkusan yang tadi diserahkan kepadanya oleh si Rase Terbang. Dalam bungkusan itu terdapat beberapa stel pakaian bayi, sepasang sepatu anak orok dan satu bungkusan dari kain kuning. Dengan bantuan sinarnya rembulan, ia dapat lihat, bahwa di atas bungkusan kuning itu tertulis, “Tah Pian Thian Hee Bu Tek Chiu” Itulah barang pemberian ayahandanya sendiri untuk Ouw Hui pada duapuluh tujuh tahun berselang! Ia terpaku, ia berdiri di situ bagaikan patung. Jauh dari puncak, jauh pula dari dasar jurang yang sangat dalam, tepat di tengah jurang di atas batu yang goyah dan saban saat dapat jatuh, satu pertanyaan yang akan menentukan ia mati atau hidup, belum terjawab, Bagaimana, bagaimanakah Ouw Hui harus berbuat?
Sampai di sini, berakhirlah sudah cerita Soat San Hui Ho yang sebenarnya belum berakhir.
Sambungan cerita ini akan segera diterbitkan dengan judul “HUI HO GWA TOAN” atau “Kisah si Rase Terbang”.

Telah di Film-kan dalam 3 kali. yaitu

1. tahun 1980an di bintangi oleh Felix Wong [Wong Yat Wah], Patrick Tze [Bokapnya Nicholas Tze dan berperan sebagai Miao Cin Feng] dang Angie Chiu [Chao Ya Che, Legend of White Snake].

2. Tahun 1999 di buat oleh TVB juga dengan pemeran Sunny Chan dan Charmaine Sheh.

3. versi terbaru tahun 2006. .

4. Versi Layar lebarnya dulu diperanin oleh Leon Lai dan di beri judul “Sword of MAny Love’. .

Karya Yin Yong : Saduran OKT
1. Si Rase Terbang Dari Pegunungan Salju (Soat San Hui Ho)
2. Pedang Ular Mas (Kim Coa Kiam)
3. Kuda Putih (Pek_Ma_Siauw_Sie_Hong)


This entry was posted in Cerita Silat, OKT, Silat Mandarin, Yin Yong and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s