Medali Wasiat – Kisah Para Pendekar

Medali Wasiat-(Xia Ke Xing)
Kisah Para Pendekar (Hiap Kek Heng)
Karya Yin Yong
Saduran Gan KL

Pada saat itulah sekonyong-konyong terdengar teriakan Ting Put-si, “Anak Hong, mengapa kau membunuh diri? Biar kulabrak keparat she Ciok itu!” Ciok Jing dan lain-lain sama terkejut. Tertampaklah Bwe Bunsing berjalan keluar dengan memondong tubuh Bwe Hong-koh. Lengan baju kiri Hong-koh tampak tersingsing tinggi sehingga kelihatan kulit badannya yang putih halus. Di atas lengan terdapat setitik andeng-andeng merah. Itulah “siu-kiong-seh” (merah cecak) pertanda masih perawan (menurut cerita kuno, cecak diberi makan obat-obat tertentu sehingga sekujur badan berubah menjadi merah, diambil darahnya dan dicocokkan di atas badan anak gadis dan jadilah setitik andeng-andeng Merah. Jika hilang kesucian perawannya, lenyap pula andengandeng merah itu).
“Ini bukti Hong-koh masih suci bersih, sampai sekarang masih tetap perawan, dengan sendirinya Kau-cap-ceng ini bukanlah anaknya,” demikian Bwe Bun-sing berteriak.
Serentak sorot mata semua orang beralih ke arah Ciok Bohthian, pikir mereka, “Ya, jika Bwe Hong-koh masih perawan suci, dengan sendirinya bukan ibu pemuda ini. Lalu siapakah ibunya dan siapa pula ayahnya? Mengapa Bwe Hong-koh mau mengaku sebagai ibunya?”
Ciok Jing dan Bin Ju sama berpikir, “Jangan-jangan mayat Anak Kian yang dikirim kepada kami oleh Hong-koh itu bukanlahAnak Kian yang sesungguhnya, tapi adalah mayat anak orang lain, sebaliknya Anak Kian telah dibesarkan oleh Hong-koh dan jadilah pemuda ini? Kalau tidak, buat apa Hong-koh memanggilnya sebagai ‘Kau-cap-ceng’, apalagi mukanya juga sangat mirip sekali dengan anak Giok?”
Ciok Boh-thian sendiri pun merasa bingung dan penuh pertanyaan, “Siapakah ayahku? Siapakah ibuku? Siapa pula diriku sendiri?”
Tapi karena Bwe Hong-koh sudah mati membunuh diri, dengan sendirinya pertanyaan-pertanyaan itu tiada seorang pun dapat memberi jawaban. Hanya para pembaca yang cerdik kami yakin telah dapat menduga dan memberi jawaban yang tepat….. TAMAT

Karya Yin Yong : Saduran Gan KL

1. Medali Wasiat-(Xia Ke Xing)/ Kisah Para Pendekar (Hiap Kek Heng)
2. Si Kangkung Pendekar Lugu
3. Pedang Hati Suci Soh Sim Kiam
4. Pendekar Negeri Tayli (Thian Liong Pat Poh)

This entry was posted in Cerita Silat, Gan KL, Silat Mandarin, Yin Yong and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s