Pendekar Pemanah Rajawali

Pendekar Pemanah Rajawali

Jilid I

Di luar gunung ada lagi gunung hijau,
di luar lauwteng ada pula lauwteng lainnya,
Nyanyian-nyanyian dan tari-tarian di Telaga Barat,
hingga kapankah itu akan berhenti?
Penghidupan mewah di Selatan telah membuat mabuk
kepada pelancong-pelancong tetamu,
Hingga kota Hangciu dianggapnya sebagai kota Pianciu!

Syair di atas adalah lukisan dari peristiwa pada delapan ratus tahun yang lampau. Ketika itu kerajaan Song telah menjadi sedemikian lemahnya hingga kedua kaisar Hwie Cong dan Kim Cong sudah kena ditawan bangsa Kim (Kin), karena mana itu pangeran Kong Ong lalu menyeberang ke Selatan, menerima tahta kerajaan di kota Lim-an, menjadi Kaisar Kho Cong. Dalam waktu sesulit itu, selagi musuh mengancam di tapal batas, setelah separuh dari negara berada di dalam tangan musuh itu, sudah selayaknya satu kaisar bangkit bangun untuk membuat perlawanan, akan tetapi tidak demikian dengan Kaisar kho cong ini. Dia justru jeri terhadap bangsa Kim itu yang dipandangnya sebagai harimau saja, berbareng dengan itu dia pun khawatir kalau kedua Kaisar Hwie Cong dan Kim Cong nanti kembali dari tawanan hingga dia tak dapat terus bercokol di atas singasana naga. Maka dengan itu menurut perkataannya dorna Cin Kwee4, dia titahkan membunuh Jenderal Gak Hui, pendekar yang menentang musuh Kim itu, sesudah mana itu dengan merendahkan martabat sendiri ia mengajukan permohonan damai dengan bangsa Kim.

Inilah pengharapan bangsa Kim yang disaat itu tengah gelisah sebab telah berulangkali mereka memperoleh labrakan dari Jenderal Gak Hui, hingga semangatnya terpukul hebat, sementara di wilayah Utara mereka terancam pemberontakan tentera rakyat sukarela. Begitu di dalam bulan pertama tahun kerajaan Ciauw-hin ke-12 (1138 masehi) perdamaian telah ditandatangani dengan syarat tapal batas kedua negara Song dan Kim adalah aliran tengah dari sungai Hoay-sui.

Perdamaian itu namanya saja perdamaian, kenyataannya adalah penaklukan dari Kaisar Kho Cong itu (yang bernama Tio Kouw adalah putra ke-9 dari Kaisar Hwie Cong). Sebab di dalam suratnya, Kho Cong menyatakan dan mengaku sudah terima budi kebaikan dari raja Kim, karena mana turun temurun ia akan menjadi “menteri yang setia” serta berjanji setiap hari lahirnya, “Kaisar” demikian ia menyebut raja Kim itu – begitu juga setiap tahun, ia akan kirim utusan guna memberi selamat sambil menghanturkan upeti uang perak duapuluh lima laksa tail dan cita duapuluh lima laksa balok.

Demikian macam martabatnya seorang Kaisar, ia sungguh memalukan, maka ketika tentera dan rakyat negeri mengetahui hal itu, semuanya menjadi murka dan berbareng berduka. Lebih bersedih adalah rakyat di wilayah utara sungai Hoay-sui itu, karena mereka menjadi tidak mempunyai harapan lagi akan bangunnya negara. Dipihak lain, Kho Cong menganggap itu adalah jasa besar dari dorna Cin Kwee, maka juga dorna yang sudah tinggi pangkatnya, yaitu Siaupo Copoksia merangkap Kie-bit-su gelar Pangeran Louw-kokong, dinaiki pula menjadi Taysu, hingga kedudukannya telah mencapai puncaknya kebesaran suatu menteri!

Semenjak itu bangsa Kim menduduki separuh dari wilayah Tiongkok. Walaupun demikian pemerintahan di Hangciu malah bertambah buruk, raja dan menteri-menterinya, setiap hari berpelesiran saja, berpesta pora, tidak memikirkan lagi kepentingan negara, sedang beberapa menteri atau perwira yang setia, umumnya kalah pengaruh dan tidak berdaya, hingga mereka pada menutup mata karena mereras.

Demikan syair di atas, gambaran dari kaisar yang lemah dan buruk tapi pecandu pelisir!

——————————-
1) Telaga Barat – See Ouw (Si Hu)
2) Piancu – Kaifeng (Kayhong), ibukota propinsi Honan. Bekas kotaraja.
3) Lim-an – Hangciu (Hangchow), ibukota Chekiang, inilah yang dimaksud dengan Selatan (Kanglam)
4) Dorna Cin Kwee – Di Hangciu telah dibuat patungnya sebagai tanda peringatan dari khianatnya terhadap negara dan ada satu waktu yang patungnya itu telah diperhina dengan ludah maupun kotoran manusia.

—– bersambung

unduh Pendekar Pemanah Rajawali di Gallery80

30 Responses to Pendekar Pemanah Rajawali

  1. Mulyati says:

    Gw suka bget ma filmnya pngen deh rsanya gw ktemu ma para tokoh film pendekar pemanah rajawali

  2. Gw mau bget ketemu ma tokoh film pendekar pemanah rajawali

  3. efittria says:

    suka banget ma film nya,,,,,,,,,,bikin penasaran n kungfu-kungfunya bagus banget…………………

  4. Raras says:

    Ku suka film ini

  5. irvan says:

    Emang buat penasaran bnget ne PPR.bkn
    gue trfkran mlihat ksh antra
    kuweceng end yong aer.

  6. sunarsunarya says:

    Kisah cintanya bener-bener bikin cemburu

  7. Santy says:

    So sweet. .
    Aq suka bnget,dgn filmx. . .

  8. diduk says:

    Please info penjualan kaset DVD nya ya..

  9. diduk says:

    Please info penjualan kaset DVD film Pendeka Rajawali
    Thx :)

  10. Yetun says:

    Saya penggemar berat film ini

  11. Yetun says:

    Saya ingin menjadi pemain ppr

  12. Yetun says:

    Saya ingin ke cina

  13. kangmahfudz says:

    gan kalo mau download filmnya ada gak ya???

  14. Sai says:

    Like banggedlah…
    cba saptu minggu ad…
    sama jam tayang’y diperpanjang lgi.. hehehehe

  15. tonnysan says:

    Ya iya lah jelas… Sebenarnya kalo kung fu2 kyk gitu ada di Cina! Asli! n Jelas mereka ambil gambar2 bagus n kung funya kyk nyata. kan org luar negri yg bikin g kyk Indonesia

    • Icinno says:

      setuju mas, Aktor/Aktris Hongkong, Cina, Taiwan yang berperan dalam film Kung Fu/silat umumnya bisa kung fu dan beberapa diantaranya memang ahli, shg kalo action gak kaku .

  16. tonnysan says:

    n 1 hal lagi baca namanya tu bukan kweceng n yong er. Sebenarnya tu namanya “Kok ching” dan “A yong”

    • Icinno says:

      Kwe Ceng, Yong er, Kok Ching, A Yong semuanya nama panggilan , Kwe Ceng = panggilan dari sederajat dan lebih tua (bukan keluarga), Kok Cing = panggilan dari yang lebih muda, A Yong = panggilan dari yang lebih tua, Yong Er= panggilan kesayangan (biasanya dari keluarga) dari yang lebih tua… tx Tonny San atas kunjungannya.

  17. Icinno says:

    Film Pendekar Memanah Rajawali yang sekarang ditayangkan di Indosiar versi 2011 , udah ada DVDnya beredar (tekx Indonesia) cuma copiannya belum sempurna 60%.

  18. Icinno says:

    Hampir semua film silat Mandarin khususnya Trilogy Rawajawali (Sia Tiau Eng Hiong, Sin Tiaw Hiap Lu, To Liong To ) plus Thian Long Pat poh dikutip dari Buku Aslinya..( ebook yang beredar semuanya saduran/ terjemahan), dari sejarah / legenda Tiongkok Kuno. Jalan cerita dan nama tokoh2 dan perilakunya persis sama… jadi enak ditonton apalagi sudah membaca ebooknya, dibandingkan dengan Tutur Tinular versi layar lebar, Serial TV vesi 2009, 2011 berbeda tokoh, jalan cerita dan tahun kejadiannya..yang membingungkan penonton…ha…ha…ha,,…

  19. AwalSebastian says:

    gue jg senang banget ma filmnya,.. apalagi sama Young eR…. i love u Young eR

  20. Coned says:

    Pngen deh jdi kwee ceng
    so’alnya cweknya cantik
    hehehe..
    N dia sakti banget dab, biar semua orang pada takut gitu,,,,

  21. Saranghaesela says:

    ,,,,,, ayyyy ,,,,,
    ,,,, film pendekar pmnah rajawali hbis ,,,
    pdhal bgus bnget

  22. andre says:

    eding song pendekar pemanah rajawali yg versi baru judulnya ap om?

  23. Rizal says:

    Bzk2 g’ d.tyangin lgi p g’,,,,??????????????? q pngen liat lgy nich

  24. pratama says:

    kalo saya suka yg versi 1995 soalnya yg jd pacarnya kwe cheng diperankan oleh athena chu pas banget. kliatan cerdas banget.

  25. tonny says:

    Ya memang yong er itu memang pintar, licik, dan lincah.

  26. Isur says:

    Sip,thanks

  27. Supianur says:

    Kak Ariel lin saya fans berat film ppr kenapa ppr kok gak di tayangkan lg jam 1 mlm kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s