PUTRI ULAR PUTIH

PUTRI ULAR PUTIH
Dituturkan kembali oleh Zhang Hen-shui

Bahwa dua niat baik tidak selalu bisa sejalan, bahkan bisa menimbulkan konflik, terlihat jelas di dalam kisah ini. Bai Su-zhen, peri ular yang menikah dengan manusia biasa, ingin selalu membahagiakan suaminya. Ia rela melakukan apa saja, termasuk mempertaruhkan nyawa, demi sang suami, Xu Xian. Di pihak lain, pendeta Fa Hai yang merasa mengemban tugas melindungi manusia dari pengaruh buruk setan, berusaha memisahkan Xu Xian dari istrinya yang dianggapnya sebagai ular iblis. Pertarungan dua kemauan baik ini tersulut karena adanya prasangka dan sikap menutup mata salah satu pihak.
Jalinan kisah yang indah, juga gaya yang halus dan mengharukan dalam menyampaikan ajaran kearifan, menjadikan buku ini sebuah karya yang asyik dibaca.

Putri Ular Putih adalah sebuah kisah legenda Cina kuno yang telah beredar di seluruh Cina selama ribuan tahun. Kisah ini diceritakan secara turuntemurun oleh para pendongeng yang mencari nafkah dengan mempesona para pendengarnya. Melalui mereka, kisah ini menjelma ke dalam berbagai versi yang berbeda. Buku berbahasa Cina yang  diterjemahkan di sini adalah salah satu versi yang paling terkenal yang ditulis oleh Zhang Hen-shui. Legenda ini menceritakan nasib Bai Su-zhen dan Xiao Qing, yang datang ke bumi untuk hidup di tengah-tengah manusia. Bai Su-zhen bertemu dengan Xu Xian yang kemudian menikahinya. Mereka hidup berbahagia, hingga akhirnya seorang pendeta
bernama Fa Hai merusakkan kebahagiaan mereka, karena menyangka Bai Su-zhen adalah seorang peri jahat. Bai dan Xu mengalami serangkaian kejadian dan pengalaman supernatural. Akhirnya mereka berdua dipisahkan secara tragis.
Di dalam buku ini dapat diamati berbagai sifat manusia. Xiao Qing misalnya memiliki semangat tinggi, pendendam, dan sangat setia; sedangkan Bai Su-zhen bersifat tenang, penuh kasih sayang dan pengorbanan. Sementara itu Fa Hai adalah manusia yang menjengkelkan, keras kepala dan tak mau mendengarkan pendapat orang lain. Sifat-sifat ini bertentangan dengan sifat lemah yang dimiliki Xu Xian dan keluarganya. Mereka jujur, rendah hati, pekerja keras, dan selalu siap membantu orang yang ditimpa kesusahan.

PUTRI ULAR PUTIH

About these ads
This entry was posted in Cerita Silat, Karya Penyadur Lainnya. Bookmark the permalink.

One Response to PUTRI ULAR PUTIH

  1. free ebooks says:

    I stumbled on your own web site by chance though browsing Yahoo and i’m glad I did. Your submit is mostly a little bit different and I enjoyed studying it. I will in turn make a comment about it on my site and position my guests your way. Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s