Serial Thiansan

Serial Thiansan: Karya Liang Ie Shen (Liang Yu Shen)

 

“Rembulan di langit mengejar sang surya,
Nona dibumi mengejar kekasihnya,
Sang Surya naik di Timur,
Sang Rembulan silam di Barat,
Bidadari di istana rembulan sia-sia berduka….
Layung sore menabur langit biru,
Sinar sang Surya menyinari sang Rembulan,
Meski sang Surya dapat dikatakan tak berbudi,
Tetapi si Gagak Emas tetap mendampingi si Kelinci Kumala,
Oh, engko,
Kenapa kau tak menoleh memandang daku?”

Sang Surya telah menyilam akan tetapi sinar layungnya masih bertebaran, di saat itu sang angin sore telah bertiup mengantarkan suara nyanyian yang perlahan….nyanyian yang menggenggam rasa penasaran, rasa kekaguman, bagaikan tangisan mengeluh, hingga burung2 yang berterbangan pulang kerimbanya mesti terbang ber-putar2 diatas rimba, tak turun kebawah. Walaupun demikian halus nyanyian itu mengalun, nyanyian itu masih tak dapat menahan seekor kuda pilihan yang berlari didalam lembah.

Penunggang kuda itu adalah seorang muda dengan baju putih yang tampan rupanya, dia bukannya tidak mengetahui yang dibelakangnya ada si nona remaja, yang mengejar dia, yang bernyanyi untuknya, ia tapinya telah mengeraskan hatinya, ia mengaburkan terus kudanya itu. Setelah suara nyanyian hilang lenyap dan lembah menjadi sunyi kosong, diam segala apa, barulah ia menghela napas dan bersenandung:

“Sungai Ek Sui tenang diam, angin barat yang dingin berdesir, si orang agah sekali pergi tak kembali, Mengadu jiwa hanya mengandali sebatang pedang panjang tiga kaki, biarpun cintanya sangat tetapi dia menoleh kebelakang, ia tidak cuma dapat mensia-siakan si nona belia….”

Kemudian ia menoleh kebelakang ia tidak melihat seorang juga, Kudanya itu kuda jempolan yang bagaikan dapat ‘mengejar kilat menguber angin,’ maka dengan kaburnya barusan, dia telah meninggalkan jauh si nona hingga terpisah dengan beberapa bukit….

Pemuda itu adalah Tan Hian Ki dan ia tengah menjalankan tugas yang berat yang dibebankan kepadanya, ialah untuk membunuh seorang ahli silat kenamaan yang tinggal

mendiamkan diri, bersembunyi di gunung Holan San
 

 

Serial Thian San

  • 1. Hoan Kiam Kie Ceng – OKT (Sebilah Pedang Mustika), Kisah masa muda Hian Kie Itsu (Tan Hian Kie), Siangkoan Thian Ya dan Siauw Un Lan. Lika-liku kisah kasih di antara mereka, dan pertentangan di antara mereka. Dalam cerita ini dapat diikuti kisah hilangnya ilmu pedang Tat Mo Kiamhoat Butong pay.
  • 2. Peng CongHiap Eng -OKT (Dua Musuh Turunan), Kisah masa muda Thio Tan Hong dan In Lui. Kisah cinta kasih di antara mereka, yang dilatar belakangi dendam  turunan keluarga. Selain permusuhan dengan keluarga In Lui, keluarga Thio Tan Hong juga merupakan musuh turunan dari kaisar yang berkuasa saat itu. Apa yang terjadi, bila permusuhan dua keluarga bercampur dengan urusan negara?
  • 3. San Hoa Liehiap – Bu Beng Cu (Pendekar Wanita Penyebar Bunga), Kisah Ie Sin Cu, murid Thio Tan Hong. Dua enghiong yang berbeda sifat mencintai satu liehiap, mana yang dipilih siPendekar Wanita Penyebar Bunga? Perseteruan keluarga kerajaan dengan keluarga Thio Tan Hong sudah selesai, ganti keluarga Pit yang juga merasa berhak atas tahta kerajaan yang melakukan pemberontakan.
  • 4. Lian Kiam Hong In – OKT (Kisah Pedang Bersatu Padu) Setelah menjadi pendekar besar, Thio Tan Hong akhirnya bertemu dengan musuh terberatnya. Cerita ilmu Siulo Imsat Kang dari Kiauw Pak Beng akan muncul kembali dalam cerita Perjodohan Busur Kumala, bersama dengan turunan Le Kong Thian.
  • 5. Khong Ling Kiam -GanKH (Pendekar Pemetik Harpa) Kisah penutup riwayat Thio Tan Hong. Di saat-saat terakhir, Tan Hong menciptakan ilmu pedang baru, Bubing Kiamhoat. Ilmu pedang ini muncul kembali dalam cerita Anak Pendekar.
  • 6. Giok LoSat+Pek Hoat Mo Lie-OKT ,Awal dari cerita Thiansan Citkiam. Masa muda guru-guru Thiansan Citkiam, yaitu Pek Hoat Mo Lie, Gak Beng Kie (Hui Beng Siansu) dan To It Hang. Sebagian dari Thiansan Citkiam juga sudah muncul dalam kisah ini.
  • 7. Thjau Guan Enghiong – Gan KL (Pahlawan-pahlawan Padang Rumput)
  • 8. Thian San Cit Kiam – Gan KL (7 Pendekar Pedang Thiansan), Kisah jago-jago pedang dari Thiansan, anak murid dari Pek Hoat Mo Lie, Gak Beng Kie (Hui Beng Siansu) dan To It Hang. Akhir dari kisah cinta Pek Hoat Mo Lie dan To It Hang.
  • 9. Kangouw Sam Liehiap – Gan KL (Tiga Dara Pendekar), Kisah Lu Su Nio, Phang Eng dan Phang Lin.
  • 10. Peng Pok Han Kong Kiam – OKT (Pedang Inti Es), Kisah Kui Tiong Beng yang berkelana ke Nepal untuk memperdalam ilmu pedang.
  • 11. Peng Coan Thian Lie – Bu Beng Cu (Bidadari Dari Sungai Es), Awal munculnya Kim Sie Ie. Siapa di antara Kim Sie Ie dan Tong Keng Thian yang akhirnya memenangkan hati Bidadari dari Sungai Es? Ikuti juga kisah si cerewet Kang Lam (ayah  y Kang Hay Thian)
  • 12. Perjodohan Busur Kumala – OKT,  Masih tentang Kim Sie Ie, dan kemunculan kembali ilmu Siulo Imsat Kang peninggalan Kiauw Pak Beng.
  • 13. Peng Ho Swe Kiam – Gan KL (Kisah Pedang Di Sungai Es),  Kisah Kang Hay Thian, anak Kang Lam, murid Kim Sie Ie.
  • 14. Hong Lui Cin Kiu Ciu – Gan KL (Geger Dunia Persilatan),  Kisah Yap Bouw Hoa, Ubun Hiong, Kang Hiau Hu.
  • 15. Hiap Kut Tan Sin – Gan KL (Pendekar Jembel) Kisah Kim Ciok Liu, putra Kim Sie Ie.
  • 16. Kelana Buana – Gan KH, Kisah Beng Goan Cau, Song Theng Siau, Hun Ci Lo dan Nyo  Bok. Kisah cinta segi lima yang rumit.
  • 17. Anak Pendekar – Gan KH,  Kisah Beng Hoa dan Nyo Yam, dua saudara berlainan she (marga).
  • 18. Taruna Pendekar – Can ID, Sambungan kisah Beng Hoa dan Nyo Yam.
  • 19. Durjana dan Ksatria – Gan KL, Sambungan kisah Beng Hoa dan Nyo Yam.

download serial Thiansan di   Gallery80

About these ads
This entry was posted in Cerita Silat, Liang Ie Shen, Silat Mandarin and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s